Tips Lintas Jurusan IPA ke SOSHUM

Haloo semuanyaa!

Apa kabar? Semoga baik dan sehat selalu yaa.

Kali ini aku ingin berbagi mengenai pengalaman lintas jurusan saat SBMPTN. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk siapapun yang membacanya.

Saat SMA aku berada di jurusan IPA, kemudian ketika kelas 12 aku memutuskan untuk lintas jurusan dengan mendaftar SBMPTN kelompok SOSHUM dan memilih program studi akuntansi. Alhamdulillah saat ini aku menjadi mahasiswi di salah satu PTN Jakarta melalui jalur SBMPTN 2021.

Awalnya aku merasa ragu untuk lintas jurusan ke rumpun soshum karena belum mempelajari banyak hal mengenai pelajaran-pelajaran yang diujikan seperti sejarah, sosiologi, geografi, apalagi ekonomi. Sedangkan saat itu waktu yang tersisa tidaklah banyak. Terlebih aku juga berniat memilih program pendidikan akuntansi yang terkenal cukup rumit menurut sebagian orang. Tetapi setelah berbagai pertimbangan akhirnya aku memutuskan untuk linjur dan memilih prodi ini. Mungkin di artikel lain aku akan membahasnya lebih lanjut jika ada kesempatan.

Okee langsung saja, berikut ini adalah beberapa cara yang aku lakukan untuk lintas jurusan mempersiapkan UTBK 2021 pada SBMPTN :

1. Memantapkan Niat

Sebelum melangkah lebih jauh dan mempelajari materi ujian, tentunya kita harus memantapkan niat terlebih dahulu. Jika niatnya sudah bulat, maka InsyaAllah untuk langkah selanjutnya akan lebih mudah karena kita tau apa yang ingin dicapai dan berniat untuk memperjuangkannya. Jika kalian masih ragu, sebaiknya coba untuk riset lebih banyak mengenai prodi yang dituju, mencoba bertanya kepada teman, guru, dan orang tua. Tidak lupa untuk berdoa meminta petunjuk kepada Allah SWT agar ditunjukkan jalan yang tepat serta diberi kemudahan dan pastinya meminta restu dari orangtua.

2. Mencatat List Materi Prioritas

Dengan waktu yang sedikit, tentunya akan sulit jika mempelajari semua materi dari kelas 10 hingga kelas 12. Maka dari itu buatlah daftar materi yang menjadi prioritas atau kemungkinan sering keluar di UTBK. Saat itu aku mencarinya lewat twitter. Kalian bisa mencarinya dengan keyword “persebaran materi soshum” “materi prioritas soshum” atau semacamnya. Kemudian nanti akan muncul contohnya seperti gambar dibawah ini.

3. Membuat To Do List

Sebenarnya aku tidak terbiasa membuat to do list atau daftar jadwal kegiatan yang akan dilakukan setiap harinya. Tetapi saat mempersiapkan UTBK ini aku mencoba membuatnya, meskipun tidak sepenuhnya konsisten. Jika kalian adalah tipe orang yang suka membuat rencana kegiatan, maka aku sarankan untuk membuat rencana target materi apa saja yang mau dikuasai setiap minggunya atau bahkan setiap harinya. Tetapi biasanya aku hanya membuat target agar setiap harinya mencicil belajar setidaknya satu materi atau beberapa latihan soal. Materinya pun bebas sesuai keinginanku pada hari itu ingin belajar yang mana.

4. Mempelajari Materi Dengan Efektif

Aku mempelajari materi dengan aplikasi Zenius, disana terdapat video penjelasan, latihan soal, dan tryout yang bisa diakses dengan gratis. Selain itu sesekali aku menonton materi dari youtube. Jika sedang malas menonton video, aku akan mencari rangkuman materi dari study account di twitter. Aku juga belajar dari buku the king 2020 dan buku sks kuning.

Ada beberapa cara yang aku lakukan agar materi yang dipelajari bisa lebih efektif :

-          Menonton materi sambil mencatat, agar lebih mudah diingat dan bisa dilihat lagi nantinya.

-          Merangkum ulang materi yang didapat dari berbagai sumber.

-          Mencatat pembahasan soal secara meluas.

Menurutku tidak apa-apa jika belum mempelajari suatu materi tapi ingin mencoba mengerjakan soal. Cara ini cukup efektif asalkan setelah mengerjakan soal tersebut hal yang wajib dilakukan adalah mencatat pembahasannya. Catat pembahasannya secara meluas. Maksudnya meluas yaitu misalkan soal nomor 1 membahas pendapatan nasional, lalu pada pilihan ganda nya ada opsi GNP, GDP, NNP. Maka saat mencatat, tulislah juga penjelasan dari setiap opsi nya, seperti pengertian GNP, GDP, dan NNP. 

5. Mengikuti TryOut

Banyak platform yang menyediakan tryout dari yang gratis sampai yang berbayar. Aku mengikuti tryout gratis yang ada di Instagram, zenius, dan berlangganan tryout eduka. Perlu diingat bahwa hal terpenting saat ikut tryout yaitu memahami dan mencatat pembahasannya secara meluas. Gaperlu insecure sama pencapaian skor tryout orang lain, jadikan itu motivasi dan fokus saja dengan progres diri sendiri. Good luck!

6. Just Do It

Terkadang aku melihat pertanyaan tentang harus belajar darimana, mulai dari TPS atau TKA. Sebenarnya itu tergantung dengan diri masing-masing. Mana yang menurut kalian perlu dipelajari secara ekstra dan mana yang bisa dipelajari dalam waktu singkat. Daripada berlama-lama memikirkan pelajaran mana yang harus dipelajari terlebih dahulu, lebih baik segera ambil buku, lihat materi mana yang membuatmu tertarik penasaran dan materi mana yang memang masih kurang dipahami. Karena setiap orang tentunya berbeda.

Berikut ini adalah beberapa catatan materi dari twitter yang aku pakai untuk belajar 

Rangkuman materi soshum Kak Cirol :

https://drive.google.com/drive/mobile/folders/1Bo_yJFD9ZdGFWS7T1l-DXZaL2rtnom2i?usp=sharing 

Catatan PBM Kak Fauzan 1 :

https://drive.google.com/file/d/14ho7PWRl74hYdNB8RGHZxJmmHH0VwWBV/view

Catatan PBM Kak Fauzan 2 :

https://drive.google.com/file/d/1CVBO4V5XvvjXuZuTJIpJVVEW8G2GAc2o/view

Tips ini kutulis berdasarkan pengalaman tahun kemarin, semoga bermanfaat yaa. Intinya adalah konsisten dan yakin. Tidak perlu memusingkan seberapa banyaknya saingan kamu diluar sana, jadikanlah sebagai motivasi. Cukup pikirkan target skor yang mau dicapai dan usahakan berprogres setiap harinya. Berusaha semaksimal mungkin, berdoa, dan bertawakal kepada-Nya.

Semangatt!

Fighting!

Ganbatte!

See you on another Rinverse page ´α΄—`

Komentar

  1. Makasih banyak tipsnya, kak πŸ‘

    BalasHapus
  2. Makasih kaa info nya, tp saya udh gk lulus jurusan ips 😒😒😒😒

    BalasHapus
  3. Makasih kk atas inffooo nya 😒😒😒😒

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. waw, makasih infonya kakπŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  6. makasih banyak kak infonya bermanfaat banget

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Strategi Digital Marketing Platform Zenius

Menyusun Rencana Bisnis Dengan Tepat